Pulau Madura: Daratan dan Kepulauan


Pulau Madura terletak di timur laut pulau Jawa, kurang lebih 7 derajat sebelah selatan dari khatulistiwa di antara 112 derajat dan 114 derajat bujur timur. Pulau itu dipisahkan dari Jawa oleh Selat Madura, yang menghubungkan Laut Jawa dengan Laut Bali. Moncongnya di barat laut agak dangkal dan lebarnya tidak lebih dari beberapa mil laut.Secara geologis Madura merupakan kelanjutan dari pegunungan kapur yang terletak di sebelah utara dan di sebelah selatan Lembah Solo. Bukit-bukit kapur di Madura merupakan bukit-bukit yang lebih rendah, lebih kasar, dan lebih bulat daripada bukit-bukit di Jawa dan letaknya pun lebih menyatu. Puncak tertinggi di bagian timur Madura adalah Gunung Gadu (341 m), Gunung Merangan (398 m), dan Gunung Tembuku (471 m).

Iklim di Madura bercirikan dua musim, musim barat atau musim hujan selama bulan Oktober sampai bulan April, dan musim timur atau musim kemarau. Komposisi tanah dan curah hujan yang tidak sama—di lereng-lereng yang tinggi letaknya justru kebanyakan, sedangkan di lereng-lereng yang rendah malahan kekurangan—membuat Madura kurang memiliki tanah yang subur. Hanya di daratan aluvial dan di tanah liat bercampur kapur di dataran tinggi yang terdapat cukup curah hujan saja persawahan yang permanen atau sementara dimungkinkan. Sebagian besar tanah yang diolah tediri dari tegalan yang terutama menghasilkan jagung dan singkong. Hanya selama musim hujan saja lahan-lahan kering ini dapat ditanami. Di selatan, lahan-lahan yang sama sekali tidak subur digunakan untuk pembuatan garam. Sudah sejak lama Madura terkenal sebagai daerah penghasil garam yang penting.





Daftar Kabupaten di Pulau Madura 

Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep (serta kepulaunnya)



Kota/Kabupaten Bangkalan terdiri dari:
Kecamatan Arosbaya, Kecamatan Bangkalan, Kecamatan Blega, Kecamatan Burneh, Kecamatan Galis, Kecamatan Geger, Kecamatan Kamal, Kecamatan Klampis, Kecamatan Kokop, Kecamatan Konang, Kecamatan Kwanyar, Kecamatan Labang, Kecamatan Modung, Kecamatan Sepulu, Kecamatan Socah, Kecamatan Tanah Merah, Kecamatan Tanjungbumi, Kecamatan Tragah.





Kabupaten Sampang terdiri dari:

Kecamatan Banyuates, Kecamatan Camplong, Kecamatan Jrengik, Kecamatan Karang Penang, Kecamatan Kedungdung, Kecamatan Ketapang, Kecamatan Omben, Kecamatan Pangarengan, Kecamatan Robatal, Kecamatan Sampang, Kecamatan Sokobanah, Kecamatan Sreseh, Kecamatan Tambelangan, Kecamatan Torjun.




Kabupaten Pamekasan terdiri dari:
Kecamatan Batumarmar, Kecamatan Galis, Kecamatan Kadur, Kecamatan Larangan, Kecamatan Pademawu, Kecamatan Pakong, Kecamatan Palenga'an, Kecamatan Pamekasan, Kecamatan Pasean, Kecamatan Pegantenan, Kecamatan Proppo, Kecamatan Tlanakan, Kecamatan Waru.




Kabupaten Sumenep terdiri dari:
Kecamatan Ambunten, Kecamatan Arjasa, Kecamatan Batang Batang, Kecamatan Batuan, Kecamatan Batuputih, Kecamatan Bluto, Kecamatan Dasuk, Kecamatan Dungkek, Kecamatan Ganding, Kecamatan Gapura, Kecamatan Gayam, Kecamatan Gili Ginting / Gili Genteng, Kecamatan Guluk Guluk, Kecamatan Kalianget, Kecamatan Kangayan, Kecamatan Kota Sumenep, Kecamatan Lenteng, Kecamatan Manding, Kecamatan Masalembu, Kecamatan Nonggunong, Kecamatan Pasongsongan, Kecamatan Pragaan, Kecamatan Ra'as / Raas, Kecamatan Rubaru, Kecamatan Sapeken, Kecamatan Saronggi, Kecamatan Talango.

Daftar pulau:

Kepulauan Sumenep
Gili Genteng,,Gili Iyang,,Pulau Kalosot,,Pulau Pajangan, Pulau Bulumanuk, Pulau Kemudi, Pulau Sarok, Pulau Raas, Gili Raja, Pulau Sapudi, Pulau Talango Aeng, Pulau Talango Tengah, Pulau Talango Timur

Kepulauan Kangean dan Sapeken
Pulau Kangean, Pulau Karinting, Pulau Mamburit, Pulau Meungan, Pulau Pagerungan Besar, Pulau Paliat, Pulau Sabunten, Pulau Sadulang Besar, Pulau Sadulang Kecil, Pulau Saebus, Pulau Sagubing, Pulau Sakala, Pulau Sapangkor Besar,Pulau Sapangkor Kecil, Pulau Sapanjang, Pulau Saseel, Pulau Satabo, Pulau Saubi, Pulau Saur, Pulau Sediri Besar, Pulau Tajaan, Pulau Talengki

Kepulauan Masalembu

Pulau Masakambing, Pulau Masalembu, Pulau Karamian

(tanggakan gambar: Google Earth. )

******

Tentang Madura, selengkapnya baca:






































Posting Pilihan