Tradisi Bekalan

Kata “bekalan” merupakan bahasa Madura yang dalam bahasa Jawa (mungkin) berasal dari kata “bakalan” yang berarti calon. Budaya ini sebenarnya juga ada di beberapa daerah di Nusantara, dalam bahasa lain mungkin mirip dengan apa yang dinamakan “kawin gantung.” Budaya bekalan merupakan sebuah budaya di Pulau Madura yaitu sebuah tradisi menjodohkan sepasang putra-putri yang masih dibawah umur dengan prosesi seperti layaknya sebuah pernikahan pada umumnya yaitu dengan diarak naik kuda keliling kampung (yang merupakan tradisi sebuah pernikahan pada waktu itu) dan juga suguhan tari-tarian tradisional setempat.

Dari sudut pandang kami, jika dilihat dari status sosialnya mungkin tradisi memiliki tujuan yang berbeda-beda. Bagi kalangan bangsawan, mungkin tradisi ini digunakan sebagai sebuah cara untuk mempertahankan garis keturunan/trah darah biru atau kebangsawanannya. Dalam kalangan saudagar kaya, mungkin juga tradisi ini digunakan untuk melindungi ruang lingkup kekayaan yang dimiliki keluarga tersebut agar tidak beralih/menyebar ke keluarga lain yang tidak dikehendaki atau tidak sepadan dengan status sosial atau kekayaan yang dimiliki. Namun bagi masyarakat biasa, dari beberapa sumber yang kami dapatkan, tardisi ini merupakan upaya mereka untuk mendekatkan tali sitalurahmi yang telah jauh. Misalnya cucu dari sebuah keluarga dijodohkan dengan cucu dari keluarga lain yang masih satu buyut (tunggal buyut). Dari beberapa contoh, budaya bakalan ini juga ada yang dilandasi oleh hubungan baik dari dua orang sahabat karib hingga melakukan perjanjian bila nanti anak mereka yang satu laki-laki dan yang satunya memiliki anak perempuan, akan dijodohkan untuk lebih mempererat persahabatan menjadi persaudaraan melalui perjodohan tersebut.

Namun seiring perkembangan jaman, tradisi ini sudah amat jarang kita temui, sudah tidak relevan dengan era demokrasi dimana seorang anak merasa berhak untuk memilih. Semoga bisa menjadi sebuah wacana bagi kita semua tentang salah satu khasanah budaya yang ada di Nusantara ini.
Salam!!!

 Tradisi Bekalan

 Tradisi Bekalan

 Tradisi Bekalan

 Tradisi Bekalan

 Tradisi Bekalan

 Tradisi Bekalan

 Tradisi Bekalan

 Tradisi Bekalan




sumber : http://www.facebook.com/media/set/?set=a.161962787186927.30399.114650075251532&type=1

Posting Pilihan