Rokat Tase', Upacara Ritual Masyarakat Nelayan


Tradisi masyarakat Madura, khususnya pesisir madura, salah satu kegiatan ritual yang dijalani antara lain berupa Rokat Tase’, yang mempunyai selamatan ditujukan kepada “penguasa” laut, yang telah banyak memberikan riski terhadap masyarakat setempat, dengan melimpahnya hasil tangkapan ikan di laut.

Rokat Tase’ juga disebut Petik Laut, atau Larung Sesaji bagi masyarakat Jawa, merupakan peristiwa ritual yang dilakukan para nelayan sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa yang telah memberi limpahan hasil ikan tangkapan di laut.

Demikian pula yang dilakukan masyarakat nelayan di Desa Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Upacara ritual Rokat tase’ yang sebelumnya diawali parade kesenian tradisi masyarakat setempat, dimulai arakan sesaji yang akan dilarung ke laut serta pertunjukan ludruk (ketoprak) dengan mengambil cerita sekitar sejarah terjadinya rokat tase’.


Tradisi Rokat Tasek Tradisi Rokat Tasek
Tradisi Rokat Tasek Tradisi Rokat Tasek
Tradisi Rokat Tasek Tradisi Rokat Tasek
Tradisi Rokat Tasek Tradisi Rokat Tasek


Seperti apa pelaksaan Rokat Tase’ yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Selengkap baca : Upacara Rokat Tase’, Tanjung Saronggi;




Posting Pilihan