Google+ Followers

Google Plus

Kilas Pintas Kreasi Panorama Peninggalan Budaya Peninggalan Sejah Religi Tempo Dulu Tradisi Rakyat
Home » » Ekspresi Tari Muang Sangkal

Ekspresi Tari Muang Sangkal

Tari Muang Sangkal merupakan tari asal Sumenep yang diciptakan oleh seorang seniman asli Sumenep pada tahun 1972, yaitu Taufikurrachman. Sampai sekarang Tari Muang Sangkal masih tetap tampil karena banyak generasi muda yang menyukai untuk belajar menari Mung Sangkal.

Tari Muang Sangkal merupakan salah satu tari berasal dari Sumenep yang diciptakan oleh seorang seniman Sumenep, Bapak Taufikurrachman pada tahun 1972. Tarian Muang Sangkal saat ini menjadi ikon Seni tari di Sumenep dan sudah terkenal ke manca negara. 

Arti secara harfiah, Tari Muang Sangkal berasal dari dua Bahasa Madura, yaitu “Muang” dan “Sangkal”. Muang artinya membuang, sangkal artinya petaka. Jadi Tari Muang Sangkal adalah tari untuk membuang petaka yang akan terjadi pada manusia.

Setiap manusia lahir ke duania ini membawa dua ketentuan yaitu mendapatkan keselamatan dan mendapatkan mala petaka, kita sebagai manusia diwajibkan untuk berusaha menjaga diri dari mala metaka itu dengan keyakinan masing-masing, seperti Tari Muang Sangkal ini di percaya bisa membuang sangkal yang ada pada diri seseorang.

Gerakan Tari Muang Sangkal tidak jauh beda dengan gerakan-gerakan tari lainnya. Namun Tari Muang Sangkal memiliki beberapa keunikan yang menjadi ciri khas Taria Muang Sangkal itu sendiri. Keunikan tersebut yaitu penarinya perempuan semua dan berjumlah ganjil, bisa satu, tiga, lima, tujuh, sebelas dan seterusnya, Pakaian yang dipakai adalah busana pengantin legga dengan dodot khas Sumenep, dan penarinya tidak dalam keadaan menstruasi.







Gambar-gambar diangkat dari berbagai sumber

Tentang Tari Muang Sangkal, baca : Tari Muang Sangkal