Google+ Followers

Google Plus

Kilas Pintas Kreasi Panorama Peninggalan Budaya Peninggalan Sejah Religi Tempo Dulu Tradisi Rakyat
Home » » Alat Transportasi Kereta Api di Madura

Alat Transportasi Kereta Api di Madura

Di awal perkembangannya kereta api di indonesia hadir pada tanggal 17 Juni 1864, oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh "Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij" (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes. di Madura sendiri jalur perkereta apian di buka secara bertahap dari daerak Kamal Bangkalan- Kalianget diantaranya :

Tahun 1898 s/d 1901. Periodesasi pembukaan jalur KA di Madura adalah Kamal-Bangkalan (1898), Bangkalan-Tunjung (1899), Tunjung-Kwanyar (1900), Tanjung-Kapedi (1900), Kapedi-Tambangan (1900), Tambangan-Kalianget (1899), Kwanyar-Blega (1901), Tanjung-Sampang (1901), dan Sampang-Blega (1901).

Pembukaan masing-masing jalur KA, mengacu kepada nama-nama stasiun pemberhentian (Spoor Station) dan sebagian besar sejajar dengan jalan raya di bagian selatan Pulau Madura. Dalam buku Madura Dalam Empat Jaman: Pedagang, Perkembangan Ekonomi, dan Islam, (Huub de Jong, 1987:13) dijelaskan, pada zaman Hindia Belanda, jalur KA dikelola oleh Madoera Stoomtram Maatschappij.

Awalnya digunakan sebagai sarana angkutan garam antara Kalianget hingga Kamal maupun sebaliknya. Kereta api di wilayah Madura kemudian tak hanya melayani garam. Penduduk lokal menjadikan sebagai wahana transportasi paling cepat dan murah. Perjalanan KA dari titik awal sampai akhir, di zaman itu berlangsung hampir sehari penuh. Perjalanan dengan KA ini disambung dengan kapal ferry yang berlayar antara Kamal dan Surabaya dan antara Kalianget dan Panarukan.

Sejarah kelam transportasiperkereta apian di Madura terjadi pada masa Jepang. Jalur KA Kalianget-Pamekasan dibongkar tentara Dai Nippon dengan mengerahkan tenaga-tenaga Romusha. Besi rel bekas jalur KA dijarah untuk selanjutnya dijadikan mesin-mesin perang Jepang selama Perang Pasifik (Perang Dunia II).
Akses: Madoera Stoomtram Maatschappij, FB: Songennep Tempo Dulu